A. Fenomena Public Relations
Public Relations adalah fenomena abad ke-20 yang akar-akarnya berpangkal jauh
di balik sejarah, bahkan usianya pun setua komunikasi manusia itu sendiri.
Public Relations digunakan brabad-abad yang lalu di inggris, pada masa raja menggunakan Lords Chancellor sebagai “Penjaga Hati Nurani Raja” Di sini, terlihat adanya pengakuan terhadap kebutuhan pihak ketiga untuk memfasilitasi komunikasi dan pnyesuaian antara pemerintah dan rakyatnya.
Public Relations digunakan brabad-abad yang lalu di inggris, pada masa raja menggunakan Lords Chancellor sebagai “Penjaga Hati Nurani Raja” Di sini, terlihat adanya pengakuan terhadap kebutuhan pihak ketiga untuk memfasilitasi komunikasi dan pnyesuaian antara pemerintah dan rakyatnya.
Asal kemunculan Public Relations di AMerika SErikat terjadi pada masa perjuangan perebutan kekuasaan dalam Revolusi Amerika, yakni antara patriot di bawah kaum namgasawam, dan kaum konservatif yang komersial dan bermoda. Juga upaya pendukungan public melibatkan konflik antara kepentingan saudagar dan tuan tanah di bawah Hamilton, blok penggarap tanah dan petani oleh petani oleh Jefferson, pejuangan antara pelopor pertanian Jackson, kekuatan keuangan Nicholas biddle, dan perang saudara berdarah.
B. Definisi Public Relation
Menyusun definisi public relations adalah suatu permainan yang dapat dimainkan berulang-ulang. Perintis pendidik public relations, Rex Harlow, pernah menyusun sekitar 500 definisi hampir dari sumber sebanyak itu.
Harlow melihat definisi itu beragam, dari yang sederhana sampai yang rumit. Beberapa definisi yang lebih ringkas adalah:
1. Penampilan bagus, dihargai masyarakat
2. PR adalah singkatan Performance-Penampilan dan Recognition-pengakuan
3. Bekerja dengan baik, sehingga mendapat pujian
4. Tindakan yang diambil untuk menunjang hubungan yang menguntungkan dengan masyarakat umum
5. Usaha-usaha organisasi untuk mendapatkan kerja sama dari sekelompok orang.
2. PR adalah singkatan Performance-Penampilan dan Recognition-pengakuan
3. Bekerja dengan baik, sehingga mendapat pujian
4. Tindakan yang diambil untuk menunjang hubungan yang menguntungkan dengan masyarakat umum
5. Usaha-usaha organisasi untuk mendapatkan kerja sama dari sekelompok orang.
Sebuah satuan bentukan “PRSA”, Public Relations Society of America, yang membahsa bobot dan peranan publics relations (1981), memformulasi definisi yang ringkas, berisi, dan mudah diingat, yaitu:
1. Public Relations membantu sebuah organisasi dan masyarakat
untuk saling menyesuaikan diri.
2. Public Relations adalah usaha sebuah organisasi untuk mendapatkan kerja sama kelompok orang.
John E. Marston mempunyai definisi yang lebih Spesifik, yaitu “Public Relations adalah seni untuk membuat perusahaan anda disukai dan dihormati oleh para karyawan, konsumen, dan penyalurannya” (KAsali Rhenald,2003:9).
2. Public Relations adalah usaha sebuah organisasi untuk mendapatkan kerja sama kelompok orang.
John E. Marston mempunyai definisi yang lebih Spesifik, yaitu “Public Relations adalah seni untuk membuat perusahaan anda disukai dan dihormati oleh para karyawan, konsumen, dan penyalurannya” (KAsali Rhenald,2003:9).
Definisi yang berkaitan dengan manajemen dikeluarkan oleh Public Relations News, yaitu “Public Relations adalah fungsi manajemen yang melakukan evaluasi terhadap sikap-sikap public, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur seseorang/perusahaan terhadap publiknya, menyusun rencana, serta menjalankan program-program komunikasi ntuk memperoleh pemahaman dan penerimaan public.
Masih banyak pengertian Public Relations yang dibuat oleh
para ahli, yang sampai saat ini tercatat leboh 2.000 definisi yang saling
berbeda formulasinya menurut latar belakang pengalaman masing-masing,
diantaranya sebagai berikut:
1. Menurut Prof.Byron Christian (Djanalis Djanaid,1990:7),
Public Relations adalah, “Usaha sadar untuk memengaruhi orang, terutama melalui
komunikasi, guna berpikir baik terhadap suatu organisasi, menghargainya,
mendukungnya, dan ikut simpati bersamanya jika mendapat tantangan kesukaran.”
2. Webster New International Dictionary of The English,
Language (Djanalis Djnaid,1990:8) memberi pengertian bahwa Public Relations
adalah “Aktivitas yang dilakukan oleh suatu industry, periklanan, perusahaan,
perhimpunan jawatan pemerintahan, atau organisasi lainnya untuk menciptakan dan
memelihara hubungan yang sehat dan bermanfaat dengan masyarakat tertentu dan
masyarakat pada umumnya dengan maksud menyesuaikan dirinya pada keadaan
sekelilingnya, dan memperkenalkan diri pada masyarakat.
Daftar Pustaka
Nurjaman, Kadar dan Khaerul Umam. Komunikasi & Public Relation. 2012.
Bandung : CV Pustaka Setia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar